Minggu, 03 Juni 2012

Pustakawan, jangan sampai seperti ayam mati dilumbung padi


Akhir – akhir ini, dengan adanya perhatian khusus dari pemerintah tentang profesi kepustakawanan, rupanya membawa dampak positif bagi banyak orang khususnya para mahasiswa baru untuk mengambil profesi sebagai seorang pustakawan. Banyak hal yang harus diperhitungkan bila menjadi seorang pustakawan. Dengan adanya sertifikasi pustakawan memang memberikan suntikan semangat baru bagi pustakwan untuk lebih meningkatkan loyalitas terhadap bidang yang digelutinya. Akan tetapi serasa tidak cukup, justru banyak yang mengeluh bahwa angka kredit pustakawan itu kecil – kecil. Sebenarnya banyak dari para pustakawan yang tidak menyadari bahwa ia mempunyai kesempatan yang luar biasa untuk mempercepat dirinya supaya “naik pangkat”.
Hal – hal kecil yang bisa dilakukan oleh pustakawan adalah memulai untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilakukan, mulai dari pengklasan, pembuatan katalog, pembuatan makalah, analisis, observasi, penelitian yang itu semua akan memberikan ratting tersendiri bagi kesempatan para pustawakan dalam rangka mempercepat proses kenaikan pangkat. Jadi jangan seperti ayam mati dilumbung padi, pekerjaan pustakawan sangat banyak dan membutuhkan keuletan yang tinggi. Jangan sampai pustakwan hanya duduk – duduk saja, merasa semuanya tidak ada yang harus dikerjakan, padahal tugas nya sangatlah banyak.  Perpustakaan dan pekerjaannya diibaratkan lumbung padi yang banyak dipenuhi oleh padi – padi yang bagus, dan pustawakan dianalogikan sebagai ayam yang tinggal dalam lumbung padi tersebut. Jika ayam itu hanya diam, mengeluh dan dipenuhi oleh sikap-sikap yang apatis, maka jangan heran banyak pustakawan yang bernasib seperti ayam yang mati dilumbung padi.

3 komentar:

  1. Seriously? ilmu perpustakaan akan di sertifikasi sama pemerintah?? Butuh info lebih lanjut mengenai hal tsb.. soalnya saya pilih jurusan itu , tp msh bimbang ttg prospeknya?

    BalasHapus
  2. @anonim, ya... seperti itulah, kemarin - kemarin memang sudah buming tentang sertifikasi pustakawan. beberapa dosen yang ngajar di Ilmu Perpustakaan UIN pun menjadi tim assesornya. namun hal ini belum disahkan secara keseluruhan, pihak dari perpusnas sudah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan sertifikasi pustakawan, bukan hanya itu, nantinya perpustakaan juga akan ada akreditasinya seperti sekolah2x dan lembaga pendidik pada umumnya.

    BalasHapus