Rabu, 28 Maret 2012

Berubah : Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya,Tentukan Pilihan anda, Putuskan!

Inspirasi utama dari Dosen Super Ilmu Perpustakaan,
Bu Labibah Zain

Butuh jiwa besar dan kecerdasan secara intelegensi maupun emosial untuk memulai suatu perubahan. Perubahan dimulai dari dalam diri sendiri. Ada pepatah yang mengatakan tidak semua perubahan itu menuju arah yang lebih baik, akan tetapi bila ingin diri anda menjadi lebih baik, maka Berubahlah!
Telah dijelaskan pula dalam Al-Qur’an yang maksudnya “Allah tidak akan merubah nasib anda, Ketika anda sendiri tidak berusaha semaksimal mungkin untuk merubah diri anda”. Perubahan nasib harus diseimbangkan juga dengan usaha, do’a dan cita-cita.
Perubahan itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu kesabaran, keuletan dan pastinya komitmen yang kuat. Terkadang sewaktu-waktu kita mempunyai hasrat untuk berubah, tapi beberapa hari kemudian seolah lupa dengan perubahan yang harus kita lakukan.

Untuk bisa merubah diri, maka anda pun harus tau cara dan kiat-kiat khusus supaya perubahan anda bisa sesuai dengan apa yang anda harapkan. Yaitu dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyakna. Informasi saat ini sudah sangat banyak sekali, informasi apapun yang ingin anda ketahui semuanya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Akan tetapi disini anda harus memilah dan memilih informasi yang tepat bagi anda, supaya anda tidak tersesat. Salah satunya adalah perpustakaan. Lho? Tapi, berhubung ini bukan fokus terhadap perpustakaan, jadi kita lanjutkan wacana kita diatas.
Setalah anda mengumpulkan informasi tentang apa yang seharusnya anda  lakukan, langkah berikutnya adalah tentukan pilihan anda. Salah besar jika dalam suatu kesulitan anda mengatakan, “TIDAK ADA PILIHAN LAGI”.  Ketahuilah, dalam hidup itu banyak sekali pilihan, akan tetapi anda mungkin tidak sadar bahwa anda telah memilih. Terkadang disaat anda memilih sering kali dalam pilihan anda berada dalam kebingungan, kecemasan, kepesimisan, kengerian dan keraguan yang semuanya diciptakan oleh diri kita sendiri. Kita kerap terbuai dengan alasan-alasan untuk tidak mau melangkah dan tak mau menatap hidup. Hidup adalah pilihan, maka hadapilah dengan penuh keyakinan. Dan karena hidup adalah pilihan maka pilihlah dengan bijak.
Setelah anda memilih, langkah terakhir adalah putuskan. Putuskan apa yang sudah anda pilih. Dengan penuh keyakinan dan sikap optimis, berani melangkah disertai komitmen yang kuat, maka anda akan menemukan perubahan yang anda inginkan dalam diri anda.
Ada sepuluh pola salah yang akan menghambat anda untuk berubah.
1.    Takut mengambil resiko
2.    Kurang Ketekunan
3.    Ingin memperoleh hasil dengan cepat
4.    Kurangnya prioritas
5.    Mementingkan diri sendiri dan ketamakan
6.    Tidak berpendirian
7.    Keengganan Menyusun rencana dan mempersiapkan diri
8.    Mencari pembenaran terhadap kesalahan sendiri.
9.    Tidak belajar dari kesalahan
10.    Kurangnya tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar