Selasa, 21 Februari 2012

BODOH? Biayanya mahal juga yah?


oleh Ridwan Nur Arifin
Terinspirasi dari kata-kata Bapak Solihin Arianto

Dalam istilah dikatakan Rajin Pangkal Pandai, Malas pangkal kebodohan. Tapi, disana tidak dijelaskan berapa sih harganya bodoh??? dalam sebuah perkuliahan yang dosennya adalah pak solihin Arianto, sebut aja pak ari, dalam kuliah otomasi beliau sempat mengatakan bahwa “Bodoh itu harganya mahal”. Hmmmm... setelah direnungkan beberapa saat, memang benar adanya,... mungkin kita sering mendengar diluar sana bahwasannya untuk menjadi pintar itu mahal. Bagaimana tidak, biaya pendidikan sekarang ini memang sangat melambung bak balon yang terus menerus ditiup, semakin lama semakin besar. Tapi, dengan statemen diatas yang mengatakan “Bodoh itu harganya mahal” menjadikan kita sedikit bingung, sebenarnya yang mahal itu bodoh atau pintar?
Pada dasarnya manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan kemampuan yang sama. Lihat saja, dimana-mana bayi baru lahir pasti menangis, dan tidak ada bayi yang baru lahir langsung berlari kesana – kemari, waahh... bisa pingsan orangtuanya. Tapi beda ceritanya kalo emang si anak itu mempunyai kelainan.
Kembali lagi, kenapa bodoh itu harganya mahal? Coba kita renungkan kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan apabila terjadi sesuatu masalah pada barang kesukaan kita. Sebagai contoh komputer dirumah kita. Pada saat menyalakan komputer, tiba-tiba komputernya ngadat atau gak mau nyala, hah seketika disana panik dan seperti kebakaran jenggot, akhirnya pergi ke servisan dan disana pasti mengeluarkan biaya untuk servis tersebut, padahal masalah yang dihadapinya teramat simpel sekali, dalam istilah komputer disebut RAM, dan RAM nya tersebut dalam keadaan kotor, cukup dilepas dan dibersihkan dengan tissue lalu semua kembali normal. Kalau dipikir-pikir akibat ketidak tahuan tersebut memaksa untuk merogoh kantong setiap ada masalah pada komputer. Tanpa mau berfikir, untuk mencari solusinya sendiri. Tidak hanya dalam hal komputer, hal – hal lainnya pun bernasib sama, bila kita tidak tahu caranya memasukkan lagu kedalam Handphone, maka kita pergi ke konter dan meminta untuk mengisikan lagu di Handphone-nya, apakah gratis, gak mungkin, pasti bayar. Dan sekali lagi bodoh itu memang mahal harganya. Banyak sekali contoh-contoh lain yang menggambarkan bahwasannya bodoh itu mahal. Contoh disini memang sangat bersifat subjektif, karena penulis suka dalam hal tersebut, dan bila anda menulis hal yang sama, mungkin anda akan memberikan contoh yang berbeda.
Dari semua contoh yang ada akan Berbeda kejadiannya bila kita tahu ilmunya, semua akan mudah dan pastinya gak harus mengurangi isi dalam dompet kita. Dan kenapa kita tidak tahu, karena memang tidak mau untuk belajar. Inti dari tulisan ini penulis mencoba untuk mengajak kepada para pembaca sekalian, mumpung masih diberikan kesempatan untuk belajar, mari kita lakukan secara serius, terus mencoba dan yang jelas jangan putus asa. Belajar bukan hanya pada saat usia remaja atau anak-anak saja, atau ketika lulus dan mendapat ijazah dalam pendidikan tinggi, tetapi belajarlah seumur hidup. Karena dunia ini terus berjalan dan berjalan semakin cepat, manusia bekerja semakin baik, dan persoalan-persoalan yang muncul semakin kompleks. Kita memerlukan berbagai macam keterampilan yang baru, bukan hanya untuk mengetahui sesuatu, tetapi mencoba untuk bertahan hidup atas sesuatu yang kita ketahui.
Pelajarilah hal-hal baru dengan penuh antusias, dengan belajar akan membuka diri kita kepada dunia yang maha luas ini. Belajar mengingatkan sesungguhnya kita tidak mungkin tahu semua jawaban, akan tetapi selalu mengajarkan kepada kita pelajaran terpenting dalam hidup, yaitu kerendahan hati untuk bertanya.
Didunia ini, kita tidak harus tahu semua jawaban, akan tetapi yang harus kita ketahui adalah berusaha tahu apa yang terbaik bagi hidup kita. Bila kita tidak mengetahuinya, sungguh ketidaktahuan atau kebodohan tersebut akan menghabisi hidup kita di dunia ini, karena bodoh itu memang sangat mahal harganya.

2 komentar:

  1. saran gw lok lo ngepost mending di jump break biar orang lebih tertarik untuk baca blog lo,, okey cuy.. semangat dan lanjut bro,.,.,.

    BalasHapus
  2. komen blog gw jg yah.. http://amanahtrihutami.blogspot.com/

    BalasHapus